Berapa Banyak Emas Yang Ada di Freeport?

Apakah kalian sering denger tentang Freeport, tambang emas terbesar dan tersulit di dunia, yang ada di Papua? Tambang emas ini faktanya bisa bikin berantem para netizen. Karena lebih dari 51 tahun, tambang di Papua ini emang dimilikin oleh asing. Dan hal itu lah, yang munculin satu pertanyaan besar: emang seberapa berharga sih ‘harta karun’ yang ada di Freeport, yang sebenernya namanya Grasbrerg ini, sampe dia direbutin sama orang-orang asing? Apakah bener, emasnya itu nyampe segede gunung Everest? Enjoy the video!

---

Tanyakan pertanyaan aneh anda disini! NGGA ada pertanyaan yang bodoh! 'Kok Bisa' ngga cuma sekedar mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terlihat bodoh, aneh dan dungu disini, tapi juga mencoba menumbuhkan rasa keingintahuan anda terhadap segala hal di dunia ini. Jadi tunggu apalagi? Ayo subscribe, let's watch the videos and go curiosity!

---

FAQ (Frequently Asked Questions):
Q: Min, upload tiap hari apa?
A: Tiap hari Rabu. Tapi kadang-kadang ada video yang butuh waktu pembuatan lebih lama. So, stay tuned!

Q: Min, animasinya pake software apa?
A: Adobe after effects

Q: MIN, KENAPA DI VIDEONYA ADA BAKSONYA TERUS!?
A: Bakso is inspiration *wink

---

Follow our social media for more updates, stuff and facts!

Facebook: https://www.facebook.com/kokbisachannel
Instagram: https://instagram.com/kokbisa
Line: http://bit.ly/linekokbisa
Twitter: https://twitter.com/kokbisachannel

---

For business inquiries: kokbisachannel@gmail.com

---

References:
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/11/09/berapa-nilai-cadangan-mineral-pt-freeport-indonesia
Data resmi dari Inalum (http://www.inalum.id/id)
https://www.cnbcindonesia.com/news/20180928142743-4-35216/freeport-dan-kekayaan-rp-2400-t-yang-kembali-ke-ri
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2018/11/09/berapa-nilai-cadangan-mineral-pt-freeport-indonesia
https://finance.detik.com/indeksfokus/2973/apbn-jokowi-rp-2200-triliun/2
https://finance.detik.com/energi/d-3430745/ini-tambang-emas-grasberg-milik-freeport-yang-legendaris

---
Credits:
- https://kokbisachannel.wordpress.com/2018/12/19/berapa-banyak-emas-yang-ada-di-freeport/
- Kevin MacLeod for awesome music
- Sunshinelammi from Reddit, for this episode's end narrator (soundcloud.com/sunshinelammi)
- And a massive THANK YOU to everyone for watching this and for all of your support!