5 Tips Mudik Aman dari JalanTikus

Gang, nggak kerasa Ramadhan udah mau selesai lagi aja ya. Mudah-mudahan puasa kalian nggak pada bolong-bolong ya. Pastinya sekarang kalian udah beres belanjain duit THR dan udah siap-siap menyambut lebaran kaaan? Buat kalian yang mudik, ada 5 Hal yang wajib untuk diperhatikan sebelum kalian berangkat mudik..

1. Tubuh dan Kendaraan Harus Fit!

Kalau kamu berangkat mudik pakai kendaraan sendiri, pastinya kamu harus periksa kondisi kendaraan kamu. Pastikan kondisi-nya prima. Yang namanya mudik sudah pasti akan macet dan memakan waktu lama, apalagi kalau kampung halaman kamu jauh dan kamu berangkat dekat-dekat hari lebaran hhh..pastikan mesin kendaraan kamu tidak bermasalah, oli-nya belum harus diganti, dan tangki bensin terisi penuh. Nggak mau kan baru jalan semenit udah mogok? Dan nggak Cuma kendaraan kamu aja, kamu sendiri juga harus fit, jangan sampai pingsan di perjalanan. Pastikan kamu istirahat cukup sehari sebelum berangkat, dan siapkan obat-obat seperti misalnya obat anti mabuk, obat masuk angin, dan jangan lupa minum Vitamin. Kamu juga jangan lupa bawa uang cash untuk jaga-jaga. Jangan sampai kena buka puasa di jalan nggak bisa buka karena nggak ada ATM. Hihihi.

2. Install GPS

Harusnya sih Aplikasi GPS seperti Google Maps dan Waze sudah biasa dipakai oleh kamu yang biasa menghadapi kemacetan ibu kota untuk mencari-cari jalan tikus supaya nggak kena macet. Tapi buat kamu yang belum install, dua aplikasi ini wajib diinstall ya. Karena dua aplikasi ini bakal berguna banget buat ngebantu kamu memprediksi rute mana yang sebaiknya kamu lewati untuk menuju kampung halaman kamu. Asyik kan kalau bisa mudik tanpa kena macet? Selain itu, kamu juga nggak perlu khawatir nyasar karena mungkin situasi jalan dan patokan-patokan yang biasa kamu lewati ketika mudik sebelumnya mungkin udah berubah atau nggak ada.

3. Download Aplikasi Penghemat Baterai

Namanya perjalanan lama, apalagi kalau Waze dan Google Maps akan aktif terus, baterai Smartphone pasti akan termakan banyak. Nggak mungkin kan kamu berhenti setiap saat cuma untuk cari colokan listrik? Udah macet, kamu berhenti-berhenti, eh pas kamu sampai udah pada silaturahmi. Nah, untuk menjaga baterai Smartphone kamu tetap awet, pastikan kamu install Aplikasi penghemat baterai seperti DU Battery Saver, Purify Battery Saver Boost, dan AVAST battery Saver. Dan buat kamu yang smartphone-nya punya Low Power Mode atau mode Penghemat Daya, wajib kamu nyalakan ya sebelum jalan.

4. Power Bank

Biarpun Smartphone kamu sudah dalam Mode Rendah Daya atau sudah di install Aplikasi Penghemat baterai kamu juga tetap harus siapkan Power Bank. Karena biarpun baterai kamu sudah dihemat tapi kamu tetep boros menggunakannya pasti akan habis juga. Pastikan juga Power Bank yang kamu bawa sudah terisi penuh, kalau kosong ya percuma aja bawa berat-berat di tas, hihi.

5. Berdoa

Dimanapun dan kapanpun kamu berada, tentunya kamu wajib untuk berdoa. Sebelum berangkat mudik, pastikan kamu berdoa, meminta perlindungan kepada yang Maha Kuasa agar kamu diberi kesehatan, kesabaran, dan perlindungan sepanjang perjalanan.

Itu lah dia 5 Hal yang wajib kamu perhatikan sebelum berangkat mudik. JalanTikus mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah. Mohon Maaf Lahir Dan Batin.

===================================================
Subscribe : https://www.youtube.com/c/JalanTikusID
Artikel : https://jalantikus.com/tips/tips-mudik-lebaran-2017/

===================================================

https://jalantikus.com
https://www.facebook.com/JalanTikus/
https://instagram.com/jalantikusid
https://twitter.com/jalantikuscom

===================================================