Kenapa Kita Suka Gampang Ketipu?

Bagi kalian 1000 viewers pertama video ini, selamat! Karena kalian akan dapet uang senilai sepuluh juta rupiah spesial dari Kobi yang lagi pengen bagi-bagi duit! Silakan tulis alamat dan nomor rekening kalian di kolom komentar di bawah untuk pengiriman hadiahnya~ Ets, tapi... bohong. Ya, itu adalah salah satu contoh dari penipuan yang sering banget kita liat di SMS, email, atau internet. Tapi kalo dipikir-pikir, dari ucapan bohong yang udah keliatan gitu, kenapa sih masih ada aja orang yang gampang ketipu? Enjoy the video!

---

Tanyakan pertanyaan aneh anda disini! NGGA ada pertanyaan yang bodoh! 'Kok Bisa' ngga cuma sekedar mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terlihat bodoh, aneh dan dungu disini, tapi juga mencoba menumbuhkan rasa keingintahuan anda terhadap segala hal di dunia ini. Jadi tunggu apalagi? Ayo subscribe, let's watch the videos and go curiosity!

---

FAQ (Frequently Asked Questions):
Q: Min, upload tiap hari apa?
A: Tiap hari Rabu. Tapi kadang-kadang ada video yang butuh waktu pembuatan lebih lama. So, stay tuned!

Q: Min, animasinya pake software apa?
A: Adobe after effects

Q: MIN, KENAPA DI VIDEONYA ADA BAKSONYA TERUS!?
A: Bakso is inspiration *wink

---

Follow our social media for more updates, stuff and facts!

Facebook: https://www.facebook.com/kokbisachannel
Instagram: https://instagram.com/kokbisa
Line: http://bit.ly/linekokbisa
Twitter: https://twitter.com/kokbisachannel

---

For business inquiries: kokbisachannel@gmail.com

---

References:
(Fireeye | Marsh & McLennan, 2017. Cyber Risk Report)
https://www.knowbe4.com/what-is-social-engineering/
https://securelist.com/spam-and-phishing-in-q2-2019/92379/
https://www.networkworld.com/article/3070455/hacker-psychology-understanding-the-4-emotions-of-social-engineering.html https://www.merchantlink.com/top-7-psychological-triggers-behind-social-engineering/
Financial Loss
https://www.proofpoint.com/us/corporate-blog/post/fbi-reports-125-billion-global-financial-losses-due-business-email-compromise
Krombholz, K., et al. 2014. Advanced Social Engineering Attacks. Journal of Information Security and Applications. https://www.researchgate.net/publication/267340031
https://www.merchantlink.com/wp-content/uploads/2016/03/multi-level-defense-social-engineering-920.pdf
http://www.communicationcache.com/uploads/1/0/8/8/10887248/the_science_and_practice_of_persuasion-_from_business_owners_to_busboys_the_ability_to_harness_the_power_of_persuasion_is_often_an_essential_component_of_success_in_the_hospitality_industry.pdf
https://www.psychologytoday.com/us/blog/brain-babble/201412/why-were-so-easily-fooled-and-why-it-matters
https://datafloq.com/read/social-engineering-attacks-numbers-cost/6068
https://www.imperva.com/learn/application-security/social-engineering-attack/
https://www.ic3.gov/media/2018/180712.aspx
https://www.us-cert.gov/ncas/tips/ST04-014
https://news.detik.com/berita/d-4631778/wah-sindikat-penipuan-anak-kecelakaan-ini-tinggal-di-apartemen


---
Credits:
-
- Kevin MacLeod for awesome music
- Sunshinelammi from Reddit, for this episode's end narrator (soundcloud.com/sunshinelammi)
- And a massive THANK YOU to everyone for watching this and for all of your support!