Pilih Mana: Bikin Sekolah Favorit atau Pendidikan Merata? (Ft. SMSG)

Kalo lagi masanya penerimaan mahasiswa baru, kita sering liat gimana murid-murid SMA favorit ibaratnya udah kayak pindahan rame-rame ke kampus favorit juga. Dan murid-murid yang gak kalah pinter di sekolah yang kurang terkenal harus rela dengan kuota yang dibatasin. Hmm, sebenernya kalo dipikirin, mendingan ada sekolah favorit, atau pendidikan merata? Enjoy the video!

---

Tanyakan pertanyaan aneh anda disini! NGGA ada pertanyaan yang bodoh! 'Kok Bisa' ngga cuma sekedar mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terlihat bodoh, aneh dan dungu disini, tapi juga mencoba menumbuhkan rasa keingintahuan anda terhadap segala hal di dunia ini. Jadi tunggu apalagi? Ayo subscribe, let's watch the videos and go curiosity!

Thanks to Semua Murid, Semua Guru for this episode!

---

FAQ (Frequently Asked Questions):
Q: Min, upload tiap hari apa?
A: Tiap hari Rabu. Tapi kadang-kadang ada video yang butuh waktu pembuatan lebih lama. So, stay tuned!

Q: Min, animasinya pake software apa?
A: Adobe after effects

Q: MIN, KENAPA DI VIDEONYA ADA BAKSONYA TERUS!?
A: Bakso is inspiration *wink

---

Follow our social media for more updates, stuff and facts!

Facebook: https://www.facebook.com/kokbisachannel
Instagram: https://instagram.com/kokbisa
Line: http://bit.ly/linekokbisa
Twitter: https://twitter.com/kokbisachannel

---

For business inquiries: kokbisachannel@gmail.com

---

References:
https://insight.kellogg.northwestern.edu/article/why-sending-your-kid-to-the-best-possible-school-may-backfire
https://theconversation.com/keluar-dari-polemik-zonasi-sekolah-pentingnya-belajar-sistem-zonasi-di-australia-dan-negara-lain-121899
https://www.theatlantic.com/business/archive/2017/08/japan-equal-education-school-cost/535611/
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20190627142911-284-407009/zonasi-sekolah-sebuah-catatan-untuk-orang-tua-dan-pemerintah
https://theconversation.com/guru-makin-sejahtera-di-era-desentralisasi-tapi-tidak-berdampak-pada-kualitas-pendidikan-86000
https://theconversation.com/pinjaman-bagi-mahasiswa-miskin-untuk-kesetaraan-akses-pendidikan-tinggi-92600
https://theconversation.com/akses-internet-yang-merata-potensial-tingkatkan-kualitas-pembelajaran-di-indonesia-122651
https://www.qureta.com/post/zonasi-sekolah-penjara-intelektual
https://grafis.tempo.co/read/1698/pro-kontra-kemendikbud-menerapkan-zonasi-sekolah-pada-ppdb-2019
https://theconversation.com/dampak-sistem-zonasi-penerimaan-peserta-didik-baru-di-sekolah-negeri-bagi-para-guru-dan-siswa-119294
https://geotimes.co.id/opini/zonasi-untuk-keadilan-pendidikan-bagi-seluruh-anak-indonesia/
https://theconversation.com/bagaimana-meningkatkan-kualitas-universitas-swasta-tempat-mayoritas-mahasiswa-indonesia-kuliah-111520

---
Credits:
- https://kokbisachannel.wordpress.com/2019/11/14/lebih-baik-mana-ada-sekolah-favorit-atau-pendidikan-merata-ft-smsg/
- Kevin MacLeod for awesome music
- Sunshinelammi from Reddit, for this episode's end narrator (soundcloud.com/sunshinelammi)
- And a massive THANK YOU to everyone for watching this and for all of your support!