Apakah Ada Ujung Alam Semesta?

Di sekolah, mungkin kita pernah diajarin tentang tata surya. Tapi, yang ngga pernah diajarin di sekolah, adalah seberapa besar sebenarnya alam semesta itu sendiri. Coba lihat bulan. Digambarinnya deket. Padahal, dia tuh aslinya sejauh ini. Jaraknya itu bisa muat kurang lebih sampe 30 bumi kalo dijejer. Daan itu baru bulan, gimana yang jauh-jauh kayak planet lain atau galaksi lain? Makanya, siap-siap. Kita bakalan mulai perjalanan, mengungkap seberapa besar alam semesta ini. Enjoy the video!

---

Tanyakan pertanyaan aneh anda disini! NGGA ada pertanyaan yang bodoh! 'Kok Bisa' ngga cuma sekedar mencoba menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terlihat bodoh, aneh dan dungu disini, tapi juga mencoba menumbuhkan rasa keingintahuan anda terhadap segala hal di dunia ini. Jadi tunggu apalagi? Ayo subscribe, let's watch the videos and go curiosity!

---

FAQ (Frequently Asked Questions):
Q: Min, upload tiap hari apa?
A: Tiap hari Rabu. Tapi kadang-kadang ada video yang butuh waktu pembuatan lebih lama. So, stay tuned!

Q: Min, animasinya pake software apa?
A: Adobe after effects

Q: MIN, KENAPA DI VIDEONYA ADA BAKSONYA TERUS!?
A: Bakso is inspiration *wink

---

Follow our social media for more updates, stuff and facts!

Facebook: https://www.facebook.com/kokbisachannel
Instagram: https://instagram.com/kokbisa
Line: http://bit.ly/linekokbisa
Twitter: https://twitter.com/kokbisachannel

---

For business inquiries: kokbisachannel@gmail.com

---

References:
https://www.youtube.com/watch?v=AwwIFcdUFrE
https://www.livescience.com/33646-universe-edge.html
https://www.space.com/33005-where-is-the-universes-edge-op-ed.html
http://www.bbc.com/earth/story/20160610-it-took-centuries-but-we-now-know-the-size-of-the-universe
https://www.nationalgeographic.com/science/space/universe/origins-of-the-universe/
https://www.nasa.gov/vision/universe/starsgalaxies/cobe_background.html
https://www.space.com/14729-spacekids-distance-earth-mars.html
https://www.universetoday.com/21628/how-far-is-neptune-from-earth/
https://futurism.com/how-small-are-you
https://en.wikipedia.org/wiki/Generation
https://www.continentalautosports.com/ferrari-top-speed/
https://www.unitjuggler.com/convert-speed-from-c-to-kmh.html
https://www.universetoday.com/123225/how-many-stars-are-in-the-milky-way-2/
https://en.wikipedia.org/wiki/Local_Interstellar_Cloud
https://earthsky.org/astronomy-essentials/galaxy-universe-location
https://shrib.com/?v=nc#tfHDfk04ENR3e6U-JjmN


---
Credits:
- https://kokbisachannel.wordpress.com/2019/09/03/apakah-ada-ujung-alam-semesta/
- Kevin MacLeod for awesome music
- And a massive THANK YOU to everyone for watching this and for all of your support!